Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP KARPATKA CAKE KHAS POLANDIA YANG BIKIN NAGIH

Karpatka adalah salah satu jenis kue khas Polandia yang sangat terkenal dan secara bahan-bahan dan proses pembuatannya pun hampir mirip dengan kue sus yang ada di Indonesia.

Nama karpatka berasal dari nama Pegunungan Carpathian yang berada di Polandia. Diberi nama ini karena bentuk kue tersebut yang ditaburi dengan gula halus, mirip dengan pemandangan Pegunungan Carpathian.

Saat menikmati kue ini kita dapat merasakan kerenyahan kulitnya dan kelembutan isian vlanya yang manis dan tidak heran jika kue ini menjadi favorit banyak orang. Agar Anda tidak penasaran dengan cita rasa kue tradisional khas Polandia tersebut, berikut kami bagikan resep cara membuatnya yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah.

BACA JUGA :

Sumber foto : youtube.nophykitchen.com

KARPATKA CAKE

Bahan Cream Puff  :
  • 70 gram tepung serba guna 
  • 10 gram gula pasir 
  • 50 gram mentega tawar 
  • 65 gram air 
  • 65 gram susu cair 
  • 3 butir telur ayam
  • ¼ sdt garam 
  • Icing sugar secukupnya (untuk taburan)
  • Buah cherry secukupnya (untuk garnish)
Bahan Pastry/Mousseline Cream :
  • 30 gram tepung maizena 
  • 80 gram gula pasir 
  • 150 gram mentega tawar
  • 3 butir kuning telur 
  • ½ sdt garam 
  • ½ sdt vanilla extract 
  • 320 ml susu cair
Cara Membuat : 
  1. Pertama-tama, untuk membuat cream puff, siapkan panci, masukkan air, susu cair, mentega tawar, gula pasir dan garam, masak semua bahan hingga mendidih, lalu kecilkan api dan masukkan tepung serba guna, aduk dan masak hingga terbentuk adonan yang menggumpal.
  2. Kemudian, pindahkan adonan ke dalam wadah, aduk dengan spatula hingga tidak ada lagi uap panas. Lalu masukkan satu persatu telur sambil diaduk hingga tercampur rata. 
  3. Setelah itu, bagi adonan cream puff menjadi dua bagian. Masukkan satu bagian adonan ke dalam piping bag.
  4. Selanjutnya siapkan 2 loyang bulat yang telah dioles margarin dan dilapisi dengan baking paper, semprotkan adonan cream puff secara melingkar di dalam loyang, lalu ratakan dengan spatula. 
  5. Lakukan hal yang sama untuk satu bagian adonan lagi (satu loyang berisi ½ bagian cream puff).
  6. Lalu masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu, panggang dengan api atas bawah, di suhu 190°C selama 30 menit.
  7. Langkah berikutnya, untuk membuat pastry cream, siapkan mangkuk, masukkan 3 butir telur, 40 gram gula pasir dan tepung maizena, aduk dengan whisk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  8. Kemudian, siapkan panci, tuang susu cair, tambahkan sisa gula pasir, vanilla extract dan garam, aduk dengan whisk hingga gula pasir larut dan agak mendidih. Matikan api.
  9. Selanjutnya, masukkan sedikit larutan susu ke dalam adonan telur tadi, aduk terus hingga semua bahan tercampur rata, baru kemudian masukkan semua sisa larutan susu tadi, aduk rata kembali.
  10. Tuangkan adonan susu dan telur ke dalam panci, masak kembali dengan api kecil sambil terus diaduk hingga membentuk vla lembut. Matikan api.
  11. Lalu tuangkan vla ke wadah lain dan tutup dengan plastik wrapping sampai menempel ke adonan cream agar tidak mengembun. Diamkan hingga dingin. 
  12. Setelah cream puff matang, diamkan hingga dingin, baru keluarkan dari loyang. Sisihkan.
  13. Selanjutnya, untuk membuat mousseline cream, siapkan wadah berisi mentega tawar, mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan membentuk butter cream. Lalu campurkan dengan pastry cream yang telah dingin tadi, mixer kembali hingga tercampur rata dan lembut.
  14. Kemudian, ambil satu bagian cream puff, beri plastik ring di pinggirannya, tuangkan semua mousseline cream dan ratakan.
  15. Lalu tumpuk kembali dengan cream puff, sambil ditekan-tekan agar lebih padat. Simpan di lemari pendingin/freezer selama 1-2 jam atau hingga mousseline cream mengeras.
  16. Setelah mousseline cream set, keluarkan dari lemari pendingin, beri icing sugar dan garnish dengan buah cherry. 
  17. Potong-potong karpatka cake, sajikan dan nikmati dalam keadaan dingin.

Posting Komentar untuk "RESEP KARPATKA CAKE KHAS POLANDIA YANG BIKIN NAGIH"