Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP CAKE SUSU VLA COKLAT DAN ECLAIR NUTELLA YANG SIMPLE

Susu adalah salah satu minuman yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh manusia, khususnya anak-anak. Karena kaya akan kalsium, maka susu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan sistem imun tubuh dan mengoptimalkan fungsi otak.

Selain dapat diminum begitu saja, susu pun dapat dicampur dengan bahan lainnya sehingga menghasilkan beragam varian rasa seperti coklat, strawberry, red velvet, mint, bubble gum, green tea, alpukat, taro, cheese dan masih banyak lainnya. 

Kini susu pun dapat dibuat menjadi beraneka jenis makanan dan cemilan yang sehat dan lezat. Simak resep cake susu vla coklat dan eclair nutella di bawah ini, yang dapat Anda buat sendiri di rumah untuk dinikmati bersama keluarga.

Sumber foto : youtube.delmiracooking.com

CAKE SUSU VLA COKLAT 

Bahan - Bahan : 

25 gram tepung terigu serbaguna
35 gram tepung maizena
80 gram gula pasir
25 gram margarin
125 gram coklat susu (untuk vla coklat)
70 gram kacang panggang cacah (untuk baluran)
1 sdt vanili bubuk
500 ml susu
Kelapa parut kering secukupnya (untuk topping)

Cara Membuat : 
  1. Pertama-tama, siapkan panci, masukkan susu, tepung terigu, gula pasir, tepung maizena dan vanili bubuk, aduk rata. 
  2. Kemudian, masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan mengental. Matikan api. Lalu, masukkan margarin, aduk rata kembali. 
  3. Setelah itu, siapkan cetakan atau gelas yang cekung bagian bawahnya, tuangkan adonan hingga ¾ gelas/cetakan. Aduk rata dan hentak-hentakan gelas agar adonan padat. 
  4. Simpan di lemari pendingin selama 2-3 jam. Setelah 3 jam dan cake susu mengeras, keluarkan dari gelas. Sisihkan.
  5. Selanjutnya, siapkan wadah yang berisi kacang panggang cacah, balurkan pinggiran cake dengan kacang panggang cacah. Lakukan terus hingga semua cake habis.
  6. Langkah berikutnya, untuk membuat saus coklat, siapkan panci yang berisi air mendidih, letakkan wadah yang berisi coklat susu di atasnya, tim coklat sambil terus diaduk hingga coklat meleleh.
  7. Tuangkan coklat leleh di tengah-tengah cake (bagian cekung), ratakan dan beri topping kelapa parut kering. Simpan di lemari pendingin selama 1 jam.
  8. Cake susu vla coklat ini sangat cocok dijadikan cemilan saat bersantai bersama keluarga.
BACA JUGA :

Sumber foto : youtube.delmiracooking.com

ECLAIR NUTELLA

Bahan - Bahan : 
  • 150 gram tepung terigu 
  • 25 gram gula pasir
  • 50 gram mentega
  • 1 sdt pasta vanili 
  • ¼ sdt garam
  • 2 butir telur ayam 
  • 200 ml air 
  • Nutella atau cream cheese (untuk cocolan)
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat : 
  1. Pertama-tama, siapkan wajan, masukkan air, gula pasir, garam dan mentega, masak sambil terus diaduk hingga mentega leleh dan gula pasir larut.
  2. Kemudian, tambahkan tepung terigu, aduk dengan spatula hingga membentuk adonan. Matikan api dan pindahkan adonan ke wadah lain.
  3. Setelah itu, masukkan 2 butir telur dan pasta vanila, aduk rata kembali. Lalu masukkan adonan ke dalam plastik piping bag yang ujungnya diberi spuit kue semprit.
  4. Selanjutnya, semprotkan adonan secara memanjang dan bertumpuk di atas baking paper, rapikan ujungnya. Lakukan terus hingga adonan habis.
  5. Langkah berikutnya, siapkan wajan, panaskan minyak, masukkan adonan kue semprit, goreng dengan api sedang dalam minyak banyak. Setelah berwarna kuning kecoklatan di kedua sisinya, angkat dan tiriskan. 
  6. Sajikan eclair, bersama cocolan nutella atau cream cheese.

Posting Komentar untuk "RESEP CAKE SUSU VLA COKLAT DAN ECLAIR NUTELLA YANG SIMPLE "