Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP CHOCOLATE SANDWICH DAN CHOCOLATE ROLL CAKE YANG CREAMY

Cokelat atau chocolate adalah hasil olahan dari biji buah kakao yang berasal dari pohon Theobroma cacao yang banyak tumbuh di wilayah Amerika Tengah sampai Meksiko. Tetapi saat ini pohon kakao sudah banyak ditanam dan dibudidayakan secara komersial di seluruh wilayah tropis termasuk di Indonesia. 

Ada beberapa jenis cokelat yang sering kita temukan di pasaran adalah cokelat hitam, cokelat susu dan coklat putih. Tetapi jika dilihat dari teksturnya, coklat dapat dibagi lagi menjadi cokelat couverture, cokelat compound, cokelat pasta dan cokelat bubuk.

Karena rasanya yang enak dan bikin nagih, coklat juga sering digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat berbagai jenis makanan, kue, snack, dessert bahkan juga minuman. Nah, buat Anda yang ingin mencoba membuat olahan dari cokelat, di bawah ini kami rekomendasi resep chocolate sandwich dan chocolate roll cake yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Sumber foto : youtube.delmiracooking.com

CHOCOLATE SANDWICH

Bahan Cake : 
  • 60 gram tepung terigu
  • 10 gram coklat bubuk
  • 40 gram minyak goreng
  • 40 gram susu cair
  • 3 butir kuning telur 
  • ½ sdt vanili ekstrak
Bahan Meringue : 
  • 60 gram gula pasir
  • 3 butir putih telur
  • ½ sdt air perasan lemon 
Bahan Cream : 
  • 100 gram whipped cream cair
  • 50 gram cream cheese
  • ½ sdm gula pasir
Cara Membuat : 
  1. Pertama-tama, untuk membuat cake, siapkan wadah, masukkan 3 butir kuning telur, susu cair, minyak goreng dan vanili ekstrak, aduk rata. Lalu tambahkan tepung terigu, aduk kembali dengan whisk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Kemudian, ambil 1 sendok adonan kuning telur tadi, campurkan dengan coklat bubuk, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  3. Setelah itu, untuk membuat meringue, siapkan mangkuk, masukkan 3 butir putih telur dan air perasan lemon, mixer dengan dengan kecepatan rendah sedang. Setelah keluar gelembung, tambahkan gula pasir secara bertahap (3x) sambil dimixer hingga adonan menjadi kaku.
  4. Ambil 1 sendok adonan putih telur (meringue), campurkan dengan adonan kuning telur, aduk lipat dengan spatula hingga tercampur rata. Lalu masukkan ke dalam piping bag.
  5. Lalu ambil lagi 1 sendok adonan meringue, campurkan dengan adonan coklat, aduk lipat juga dengan spatula hingga tercampur rata. Lalu tambahkan lagi dengan semua adonan meringue, aduk rata kembali.
  6. Tuangkan adonan cake coklat ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan dilapisi dengan baking paper, lalu ratakan permukaannya. Agar tidak ada udara yang tertinggal di dalam adonan, hentakkan loyang beberapa kali.
  7. Selanjutnya, semprotkan adonan kuning telur ke atas adonan cake coklat (bentuk garis-garis), lalu tarik garis melintang melewati garis-garis tadi. 
  8. Kemudian, masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu, panggang dengan api atas bawah, di suhu 190°C selama 20 menit.
  9. Langkah berikutnya, untuk membuat cream, siapkan wadah, masukkan whipped cream cair, gula pasir dan cream cheese, aduk hingga tercampur rata. Kocok dengan mixer hingga mengembang dan mengental. Lalu masukkan ke dalam piping bag.
  10. Setelah cake matang, keluarkan dari cetakan, balik cake, rapikan pinggirannya dan bagi menjadi dua bagian. Lalu semprotkan cream cheese pada satu bagian, ratakan dan tumpuk dengan 1 bagian lainnya. 
  11. Kemudian, potong-potong cake menyerupai sandwich dan sajikan bersama teh atau kopi hangat.
BACA JUGA :

Sumber foto : youtube.m.patisserie.com

CHOCOLATE ROLL CAKE

Bahan Cake : 
  • 140 gram dark chocolate
  • 40 gram gula pasir
  • 20 gram espresso
  • 30 gram susu cair
  • 4 butir kuning telur
  • 60 gram gula pasir
  • 4 butir putih telur
  • 1 gram garam
Bahan Chocolate Cream : 
  • 60 gram dark chocolate
  • 50 gram cream cair 
  • 40 gram hazelnut praline
  • 150 gram cream cair 
Bahan Chocolate Glaze : 
  • 250 gram dark chocolate
  • 50 gram cocoa butter
  • 60 gram hazelnut (hancurkan)
  • Air panas secukupnya
Cara Membuat : 
  1. Langkah pertama, untuk membuat cake, siapkan mangkuk, masukkan dark chocolate, espresso dan susu cair, panaskan di microwave selama 50 detik. Lalu aduk hingga tercampur rata dan dark chocolate meleleh. Sisihkan.
  2. Kemudian, siapkan mangkuk, masukkan 4 butir kuning telur dan 40 gram gula pasir, kocok dengan mixer hingga mengembang dan mengental. Lalu campurkan dengan coklat leleh, aduk lipat dengan spatula hingga tercampur rata. Sisihkan.
  3. Setelah itu, siapkan wadah, masukkan 4 butir putih telur dan garam, mixer hingga keluar gelembung, lalu tambahkan gula pasir secara bertahap (3x) sambil dimixer hingga adonan mengembang dan kaku.
  4. Selanjutnya, masukkan 1 sendok adonan putih telur ke dalam adonan coklat, aduk lipat dengan spatula hingga tercampur rata. Lalu tambahkan semua adonan putih telur (2 tahap), aduk lipat kembali.
  5. Lalu, tuangkan adonan cake coklat ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan dilapisi baking paper, lalu ratakan permukaannya. Agar tidak ada udara yang tertinggal di dalam adonan, hentakkan loyang beberapa kali.
  6. Kemudian, masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu, panggang dengan api atas bawah, di suhu 180°C selama 12 menit.
  7. Selanjutnya, untuk membuat chocolate cream, siapkan mangkuk, masukkan dark chocolate, cream cair dan hazelnut praline, panaskan di microwave selama 40 detik. 
  8. Lalu aduk hingga tercampur rata dan dark chocolate meleleh. Simpan di dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  9. Setelah chocolate cream mengeras, keluarkan dari lemari pendingin, aduk-aduk dengan spatula hingga lembut lalu tuang dengan 150 gram cream cair, mixer dengan kecepatan tinggi hingga membentuk cream.
  10. Kemudian, oleskan chocolate cream ke atas permukaan cake yang telah matang, ratakan dan gulung cake sambil ditekan-tekan agar gulungannya padat dan saling menempel. Pindahkan ke atas loyang dan simpan di dalam lemari pendingin selama 2 jam.
  11. Langkah berikutnya, untuk membuat chocolate glaze, siapkan loyang yang telah dialasi baking paper, masukkan 60 gram kacang hazelnut, panggang di oven dengan suhu 160°C selama 15 menit. Setelah kacang dingin, pukul-pukul dengan rolling pin hingga hancur. 
  12. Selanjutnya, siapkan wadah berisi air panas, masukkan mangkuk berisi dark chocolate dan cocoa butter, tim sambil diaduk hingga meleleh.
  13. Kemudian, keluarkan mangkuk dari air panas, lalu masukkan remahan kacang hazelnut, aduk hingga tercampur rata.
  14. Setelah itu, keluarkan roll cake dari lemari pendingin, letakkan di atas cooling rack. Lalu siram seluruh permukaan cake dengan chocolate glaze.
  15. Pindahkan cake ke atas loyang yang telah dialasi baking paper, simpan di dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  16. Untuk penyajian, potong chocolate roll cake dengan pisau panas, susun di piring dan nikmati dalam keadaan dingin.

Posting Komentar untuk "RESEP CHOCOLATE SANDWICH DAN CHOCOLATE ROLL CAKE YANG CREAMY"