Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP LAPIS SPEKKOEK DAN ONTBIJTKOEK, KUE JADUL KHAS BELANDA

Kita mengenal banyak sekali resep warisan kuliner khas Belanda yang sampai saat ini masih tetap digemari oleh banyak orang Indonesia, mulai dari resep kue kering, cake hingga masakan rumahan.

Beberapa kue atau makanan yang cukup terkenal yaitu, kastengel, nastar, speculaas, ontbijtkoek, klappertaart, lapis spekkoek, bitterballen, kroket, macaroni schotel, pannekoek, poffertjes, stroopwafel, huzarensalade dan masih banyak lainnya.

Untuk merasakan kelezatan kue jadul khas Belanda ini, berikut kami bagikan resep cara membuat lapis spekkoek dan ontbijtkoek yang dapat Anda praktekan sendiri di rumah. Selamat mencoba…!!

Sumber foto : tokopedia.com

LAPIS SPEKKOEK

Bahan - Bahan : 
  • 200 gram tepung terigu (diayak)
  • 500 gram margarin 
  • 400 gram gula halus
  • 30 butir kuning telur 
  • 3 butir putih telur
  • 3 sachet susu kental manis
  • 1 sachet susu bubuk 
  • 1 sdt bumbu spekkoek 
  • ½ sdt vanili bubuk
Cara Membuat : 
  1. Pertama-tama, siapkan wadah, masukkan margarin dan gula halus, mixer dengan kecepatan sedang hingga adonan berwarna kuning pucat. 
  2. Lalu masukkan kuning telur secara bertahap sambil terus dimixer hingga tercampur rata (tidak perlu sampai mengembang).
  3. Kemudian, tambahkan vanili bubuk, bumbu spekkoek, susu bubuk, tepung terigu yang telah diayak, mixer hingga tercampur rata. 
  4. Lalu masukkan susu kental manis, aduk lipat dengan spatula hingga rata. Sisihkan.
  5. Setelah itu, siapkan mangkuk, masukkan putih telur, mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan kaku. Lalu masukkan adonan putih telur secara bertahap ke dalam adonan kuning telur sambil diaduk lipat secara perlahan hingga adonan tercampur rata.
  6. Selanjutnya, siapkan loyang yang telah dipanaskan dan telah diolesi margarin serta dialasi dengan baking paper, tuangkan 100 gram adonan cake (3 sendok sayur), lalu ratakan.
  7. Selanjutnya, masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu, panggang dengan api bawah di suhu 180°C selama 8 menit.
  8. Setelah lapisan pertama matang, tuangkan kembali adonan cake, lalu ratakan. Panggang dengan api atas (seterusnya) di suhu 180°C selama 8 menit. 
  9. Kemudian, setelah lapisan kedua matang, padatkan dengan alat penekan adonan, baru tuang kembali adonan. Lakukan terus hingga semua adonan habis.
  10. Untuk lapisan terakhir, panggang dengan api atas bawah di suhu 180°C selama 10 menit.
  11. Setelah lapis spekkoek matang, diamkan hingga dingin. Lalu keluarkan cake dari loyang, potong-potong dan susun di piring saji.
  12. Lapis spekkoek dapat disuguhkan untuk tamu atau sebagai hantaran pada saat hari raya Idul Fitri.
BACA JUGA :

Sumber foto : facebook.com

ONTBIJTKOEK

Bahan - Bahan : 
  • 150 gram tepung terigu
  • 150 gram gula palem
  • 100 gram mentega
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sdt SP
  • ½ sdt bumbu spekkoek
  • ¼ sdt garam
  • Kacang kenari slice (untuk topping)
Cara Membuat : 
  1. Langkah pertama, siapkan panci yang berisi air mendidih, kemudian tim mentega, sambil terus diaduk hingga mentega mencair. Sisihkan.
  2. Kemudian, siapkan bowl mixer, masukkan 4 butir telur, gula palem, garam dan SP, mixer dengan kecepatan tinggi selama 8 menit hingga adonan mengembang dan kental berjejak. 
  3. Setelah itu, turunkan kecepatan mixer ke kecepatan rendah, lalu masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan bumbu spekuk, secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur rata. 
  4. Selanjutnya, aduk lipat dengan spatula dan tambahkan mentega cair, aduk kembali hingga rata.
  5. Langkah berikutnya, siapkan loyang yang telah diolesi margarin dan ditaburi dengan tepung terigu, tuangkan adonan cake. 
  6. Kemudian hentak-hentakan loyang agar tidak ada udara yang terperangkap di dalam adonan. Lalu taburkan kacang kenari slice untuk toppingnya.
  7. Selanjutnya, masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu, panggang dengan api bawah, di suhu 175°C selama 30 menit dan api atas selama 5-7 menit.
  8. Setelah ontbijtkoek cake matang, keluarkan dari loyang, diamkan hingga dingin baru potong-potong sesuai selera.
  9. Ontbijtkoek cake siap dinikmati untuk teman minum teh di pagi atau sore hari.

Posting Komentar untuk "RESEP LAPIS SPEKKOEK DAN ONTBIJTKOEK, KUE JADUL KHAS BELANDA"