Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

RESEP MATCHA OREO CREAM YANG LUMER DI MULUT

Matcha adalah salah satu jenis teh hijau bubuk yang berasal dari Jepang, yang dihasilkan dari penggilingan daun teh hijau sehingga menjadi serbuk yang halus seperti tepung.

Biasanya bubuk matcha ini dapat dijadikan minuman seperti matcha cheese tea, matcha latte, matcha bubble milk, matcha lemonade, dalgona matcha, cappuccino matcha, milkshake matcha atau dapat juga dijadikan campuran untuk membuat cake, ice cream, mochi, soba, waffles, macarons, puding, souffle dan masih banyak lainnya.

Nah, buat Anda yang ingin mencoba membuat olahan dari bubuk matcha, di bawah ini kami rekomendasi resep matcha oreo cream dan matcha terrine yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Selamat mencoba…!!

Sumber foto : youtube.nominooom.com

MATCHA OREO CREAM

Bahan - Bahan : 
  • 10 gram tepung terigu
  • 10 gram tepung maizena
  • 15 gram mentega tawar
  • 80 gram coklat putih (cincang kasar)
  • 1 sdm bubuk matcha (diayak)
  • 150 ml whipping cream (50 gram whipping cream bubuk + 100 ml air es)
  • 200 ml susu cair
  • Remahan biskuit oreo secukupnya
Cara Membuat : 
  1. Pertama-tama, siapkan panci, masukkan tepung terigu, tepung maizena, bubuk matcha sambil diayak, aduk rata. Tuangkan susu cair secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur rata.
  2. Lalu masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga meletup-letup. Kecilkan api dan aduk kembali hingga mengental. Matikan api.
  3. Kemudian, masukkan coklat putih yang telah dicincang kasar dan mentega tawar, aduk hingga tercampur rata dan coklat putih meleleh, lalu saring.
  4. Setelah itu, pindahkan ke wadah lain, aduk kembali hingga uap panasnya tidak ada lagi. Lalu tutup wadah dengan plastik wrapping sampai menempel ke adonan cream agar tidak membentuk lapisan. Simpan di lemari pendingin selama 1 jam.
  5. Selanjutnya, siapkan wadah, masukkan 50 gram whipping cream bubuk, tuangkan 100 ml air es, kocok dengan mixer hingga whipping cream mengembang dan kaku.
  6. Kemudian, keluarkan adonan cream matcha dari lemari pendingin, aduk dengan whisk hingga lembut. Lalu masukkan sebagian (100 gram) whipping cream, mixer kembali hingga tercampur rata dan masukkan ke dalam piping bag.
  7. Langkah berikutnya, siapkan gelas saji, semprotkan adonan cream matcha, beri remahan biskuit oreo, semprotkan sisa whipping cream dan taburkan bubuk matcha. Simpan di lemari pendingin selama 1 jam.
  8. Sajikan matcha oreo cream dalam keadaan dingin dan sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.
BACA JUGA :

Sumber foto :youtube.qyukitchen.com

MATCHA TERRINE

Bahan - Bahan : 
  • 12 gram bubuk matcha (diayak)
  • 20 gram gula pasir
  • 200 gram white chocolate (cincang kasar)
  • 3 butir telur ayam
  • 200 ml dairy whipping cream 
  • Bubuk matcha secukupnya (untuk topping)
Cara Membuat : 
  1. Langkah pertama, siapkan wadah, masukkan 60 ml dairy whipping cream dan bubuk matcha sambil diayak, aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
  2. Kemudian, siapkan panci, masukkan 140 ml dairy whipping cream, hangatkan dengan api kecil (tidak sampai mendidih).
  3. Lalu tuangkan whipping cream hangat ke dalam wadah yang berisi white chocolate yang telah dicincang kasar, lalu letakkan di atas panci yang berisi air panas, aduk hingga white chocolate meleleh. 
  4. Setelah itu, masukkan campuran matcha dan whipping cream, aduk kembali hingga tercampur rata. Sisihkan.
  5. Selanjutnya, siapkan wadah, masukkan 3 butir telur dan gula pasir, kocok lepas hingga gula pasir larut.
  6. Kemudian, tuangkan kocokan telur secara bertahap ke dalam adonan matcha, aduk hingga rata lalu saring.
  7. Langkah berikutnya, siapkan loyang (tanpa sambungan) yang telah diolesi margarin dan dilapisi dengan baking paper, tuangkan adonan matcha terrine.
  8. Selanjutnya, siapkan loyang lebar yang berisi air, letakkan loyang yang berisi matcha cake di atasnya (teknik bain marie), lalu masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu, panggang di suhu 160°C selama 35-40 menit.
  9. Setelah matcha terrine matang, diamkan hingga dingin, lalu simpan di dalam lemari pendingin selama 5 jam atau semalaman.
  10. Kemudian, setelah semalaman, keluarkan matcha terrine dari lemari pendingin, beri taburan bubuk matcha dan potong-potong sesuai selera.
  11. Matcha terrine semakin nikmat jika dimakan dalam keadaan dingin.

Posting Komentar untuk "RESEP MATCHA OREO CREAM YANG LUMER DI MULUT"